Print DTG vs Sublim

Untuk artikel print dtg vs sublim ini membahas sedikit tentang cara print kaos, pembahasan kali ini kita akan mengulas cara print kaos dengan metode print kaos secara langsung di atas kaos dengan media Printer DTG Direct To Garment dan metode sublim print kaos dengan media printer dan mesin press kaos. Sebenarnya ada lagi cara atau metode cara cetak kaos, tetapi kita akan membahas 2 metode ini saja. Untuk pembahasan pertama kita akan mengulas tentang metode print DTG dengan mesin printer DTG.

sablon digital

Apa itu Printer DTG ? printer DTG direct to garment adalah mesin printer khusus yang digunakan untuk mencetak kaos secara langsung. Cara kerja print kaos dengan mesin sablon DTG ini sangat simpel hanya dengan memasukan kaos ke tray lalu di operasikan dengan komputer untuk mencetaknya, lalu kaos di press agar tinta kuat di dalam serat kaos. Dibanding sublim print kaos kualitasnya lebih awet print DTG, print DTG vs sublim memang beda tipis, jika orang awam melihat dari kedua hasil tersebut hampir tidak ada bedanya. Printer kaos yang digunakan untuk sablon DTG di Indonesia kebanyakan hasil modifikasi dari printer kertas menjadi printer DTG. Dari hasil modifikasi ini kita bisa meminimalisir dana saat kita ingin membuka usaha print kain atau print kaos, dibanding kita membeli printer DTG import. Tintanya sendiri menggunakan tinta tekstil atau tinta DTG, Tinta DTG adalah Tinta yang khusus digunakan untuk Printer DTG. Dengan formula khusus yang dirancang anti buntu sehingga sangat ramah dengan head mesin print kaos Anda terutama dengan Head Printer Type Micro Piezzo. Tinta khusus printer DTG atau tinta tekstil dapat menyerap dengan sempurna pada permukaan kaos atau kain, terutama pada bahan garment seperti baju, kaos, jaket, kain, kain cotton (katun) combed atau carded.


bukti resi pembelian dvd printer dtg


Perkembangan cetak digital pada printer DTG.

Dilihat dari perkembangan cetak digital dari tahun ke tahun Printer DTG sangat banyak peminatnya. Harga printer DTG yang ditawarkan juga sangat bervariasi. Kebutuhan konsumen pun juga semakin banyak dibarengi dengan teknologi cetak kaos digital yang mudah di dapat dan mudah dibuat. Kenapa mesin ini mudah untuk membuatnya sendiri karena dengan bermodalkan printer dan video tutorial saja, Anda dapat membuat sendiri printer DTG. Tidak sedikit yang memilih untuk membuat sendiri Printer DTG dibanding membeli printer DTG yang sudah ready. Merakit DTG bukan sesuatu yang rumit, karena dengan membeli DVD Tutorial cara membuat printer DTG, Anda pasti bisa merakitnya, selama perakitannya pun akan mendapat bimbingan serta konsultasi hingga printer tersebut selesai dirakit, jadi untuk resiko kegagalan sangatlah kecil. Mengingat bahwa harga mesin sablon DTG juga sangat bervariasi dari kisaran 13 juta hingga 16 juta rupiah lebih baik membuatnya sendiri. Banyak yang mengatakan untuk penggungaan mesin DTG sangat rumit, hal itu hanya untuk sebagian orang yang tidak mematuhi prosedur yang baik dalam menggunakan Printer DTG. Namun jika kita langsung praktek dengan mengikuti prosedur pemakaian mesin yang baik, tentu mesin akan terawat dengan baik dan hasil cetaknya juga maksimal. Silahkan Anda baca pada artikel saya “cara merawat printer DTG” agar memudahkan Anda untuk merawat Printer DTG dengan baik.

Beberapa peralatan yang digunakan untuk print DTG :

  1. Komputer.
  2. Printer DTG + tinta DTG.
  3. Mesin hot press / strika.

Berbicara tentang print DTG vs sublim sebenarnya tidak lepas dari kebutuhan masing-masing pengguna, semua usaha yang dijalankan mempunyai kebutuhan yang berbeda-beda. Dibawah ini saya akan mengulas kelebihan dan kekurangan dari print DTG.

Kelebihan menggunakan print DTG :

  1. Bisa cetak foto tanpa ada batasan warna.
  2. Hasil cetak sangat detail, cerah, kontras, halus dan tidak mudah retak.
  3. Cepat dan sangat efisien waktu pengerjaannya.
  4. 1 kali print saja hasilnya sangat kontras.
  5. Bisa cetak satuan.
  6. Hasil cetak awet seperti sablon manual.
  7. Mudah dalam pengoperasiannya.
  8. Bisa di aplikasikan di atas bahan katun combat maupun cardet, kanvas, dll.

Kekurangan dari print DTG :

  1. Tidak bisa mencetak dalam jumlah besar untuk keperluan kaos partai.

Langkah-langkah proses print DTG.

  1. Buat gambar pada komputer.
  2. Print kaos melalui Printer DTG.
  3. Setelah selesai print di press dengan mesin hotpress.

Print DTG yang menggunakan jenis printer modifikasi ini tidak kalah kualitas hasil printnya dengan mesin print import lainnya, karena pada dasarnya hasil printer modifikasi ini adalah menggunakan printer dan kontruksi yang sama yaitu tipe Epson stylus photo.

Video berikut di bawah ini adalah cara print kaos menggunakan printer DTG yang menggunakan tinta tekstil atau tinta khusus Printer DTG, Video ini adalah milik tutorialvideodtg.com silahkan disimak untuk sebagai referensi Anda untuk membuka usaha print kaos.


Print kaos dengan cara sublim

Untuk kebutuhan mencetak kaos memang banyak pilihannya, mulai dari sablon manual menggunakan screen sablon, transfer paper maupun digital print. Ada beberapa keunggulan atau kelebihan dari hasil masing-masing cara mencetak kaos yang akan kita temui. Mari kita bahas secara detail tentang print kaos dengan cara sublimasi. Sublimasi adalah perubahan wujud zat dari padat ke gas atau dari gas ke padat, pengertian sublimasi ini juga diartikan sebagai proses perubahan zat dari fasa padat menjadi uap, kemudian uap tersebut dikondensasi langsung menjadi padat tanpa melalui fasa cair (fase antara).

Lantas hubungannya apa dengan metode cetak kaos sublim jika dikaitkan dari arti kata sublim di atas ? Jadi begini ya sobat, proses sublimasi ini menggunakan printer sebagai fasilitasnya dan kertas transfer paper digunakan untuk mentransfer tinta berbentuk gambar ke bahan kaos dengan bantuan suhu panas. Jadi gambar yang berada di kertas transfer tersebut bisa pindah ke bahan kaos karena dipanaskan. Kertas sublim tersebut hanya sebagai perantara untuk bantuan pemindahan hasil cetaknya, sedangkan tinta sublim yang berada di kertas bisa pindah ke kaos melalui proses sublim. Prinsip kerja inilah yang disebut sublimasi yang artinya memindahkan zat yang mudah menyublim dari kertas ke kaos.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menjalankan usaha print sublim.

Berbicara print dtg vs sublim tidaklah jauh berbeda, kita akan melihat perbedaannya jika kita merasakan hasil kualitas cetak dengan cara memegang hasil cetakan tersebut. Secara kasat mata memang tidak dapat perbedaan pada hasil cetak dari keduanya. Namun dari sisi kualitas pasti sangat berbeda. Perlakuan metode sublim yang banyak digunakan untuk print kain yang besar menggunakan printer untuk transfer paper yang cukup besar, area cetak mesin besar rata-rata 160cm untuk lebarnya, untuk panjangnya mengikuti material roll. Cara cetak sublim ini menggunakan kertas transfer Roll To Roll atau mesin printing kain, kertas tersebut di rolling dengan suhu minimum 200 derajat celcius di atas bahan kain yang ingin kita sublim. Selain printer sublim yang menggunakan cara rolling Roll to roll, ada juga yang menggunakan pemanas yaitu mesin press atau hotpress.

Tentu saja cara ini lebih banyak step proses lebih lama dibanding menggunakan mesin khusus sublim roll to roll yang sangat cepat. Teknik sublimasi ini akan sangat maksimal bila dikerjakan di bahan polyester, contoh sublimasi yang digunakan yaitu untuk seragam olahraga sepak bola seperti Jersey Clothing, club sepeda, club motor dan lain-lain. Harga tinta sublim ini bervariasi dari merk yang tersedia biasanya menggunakan tinta sublim cina maupun korea, harga tinta sublim korea lebih mahal karena hasil cetaknya juga lebih tajam dan awet. Printer untuk cetak foto ini juga tidak terbatas warnanya, dan perlu diingat juga bahwa printer sublimasi tidak cocok untuk bahan cotton, bisa digunakan dibahan cotton tetapi kertasnya harus menggunakan transfer paper, dan tintanya juga harus menggunakan tinta sublim / pigmen agar lebih kuat.

Beberapa peralatan yang perlu dilengkapi untuk sublim print kaos antara lain :

  1. Komputer.
  2. Kertas transfer paper.
  3. Printer + tinta sublim / pigmen.
  4. Mesin hot press / strika.

Memang benar hasil metode cetak sublimasi bisa dikatakan sangat sempurna, karena hasil cetaknya sangat detail terlihat sangat menyatu dengan bahan kaos tersebut, dan sangat halus seperti tidak ada bumbu-bumbu tinta di atas bahan kaos tersebut. Berikut saya ulas kelebihan dan kekurangan dari sublimasi print kaos di bawah ini.

Kelebihan menggunakan print sublim :

  1. Bisa cetak foto tidak ada batasan warna.
  2. Hasil cetak sangat detail, cerah, kontras, halus dan tidak retak.
  3. Cepat pengerjaannya dan sangat efisien waktu.
  4. Mudah dalam pengoperasiannya.
  5. Bisa untuk membuat kaos partai dalam jumlah besar.
  6. Bisa di aplikasikan di atas bahan cotton, polyester, polycotton, rasfur, veltboa, silk, kanvas, dll.

Kekurangan dari print sublim :

  1. Hasil cetak tidak awet kadang mudah luntur.
  2. Biaya operational cukup mahal.
  3. Butuh perawatan khusus terhadap print sublim (tidak boleh rendam terlalu lama).
  4. Jika menggunakan printer Roll to roll ada minimum order.
  5. Mesin besar roll to rool sangat mahal.

Langkah-langkah proses print sublim.

  1. Print gambar terbalik (mirror) pada kertas transfer paper.
  2. Letakan kaos pada mesin hotpress.
  3. Letakan kertas yang sudah di print menghadap ke kaos.
  4. Lakukan pengepresan dengan suhu 120-150 derajat celsius selama 5-10 detik.
  5. Setelah di press angkat kertas secara perlahan.

Print sublim yang menggunakan jenis printer kecil biasanya hasil cetaknya tidak awet atau mudah luntur. Namun tidak awetnya print sublim pada kaos yang menggunakan mesin kecil juga bisa diatasi dengan cara mengganti jenis tinta printer tersebut. Biasanya pada kasus kaos hasil print sublime menjadi luntur akibat menggunakan tinta dye ink, solusi ganti dengan tinta khusus sublime / pigmen.

Video berikut di bawah ini adalah cara sublim print kaos menggunakan printer Epson yang menggunakan tinta pigmen atau tinta khusus sublim, yang saya ambil dari Youtube.

Untuk usaha print sublim untuk usaha menengah ke bawah bisa menggunakan partai kecil, cetak kaos satuan, cetak mug, piring, dll. Aplikasi hanya khusus printer stylus photo berbasis Epson. Penggunannya menggunakan material kertas HVS, Photo transfer paper dll. Untuk gambarnya sendiri di cetak pada kertas di print dengan model terbalik atau mirror. Demikian artikel Print DTG vs Sublim, kiranya bisa memberikan informasi yang akurat serta bisa dijadikan rekomendasi untuk Anda yang ingin membuka usaha print kaos melalui 2 metode tadi. Semua usaha pasti ada plus minus, tinggal dari kita saja bagaimana cara mengatasi dengan mencari solusi yang terbaik. Salam Sukses..!!

Save

Save

Save

Save

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *