Perbedaan Printer DTG dan DTF

Pada artikel sebelumnya saya sering memberikan informasi tentang metode cetak DTG namun di artikel ini saya akan memberikan info tentang Apa itu Print kaos DTG dan apa itu print kaos DTF ?. Perbedaan printer DTG dan DTF. Dalam percetakan, terdapat berbagai teknik untuk menyablon sebuah kain. Mulai dari sablon polyflex, sablon manual, DTG, hingga DTF. Umumnya sablon kaos DTG menggunakan tinta khusus yakni tinta pigment untuk mencetak gambar langsung ke media yang akan di cetak. Sampai saat ini di kota-kota besar banyak kita jumpai sablon kaos yang sudah menggunakan printer DTG, namun ada lagi nih keluaran terbaru yaitu metode print DTF menggunakan printer DTF. Berbeda dengan sistim manual atau sablon digital lainnya yang mudah kita temukan.

perbedaan printer dtg dan dtf

Perbedaan Metode Cetak Kaos DTG Dengan DTF sangat mencolok di kedua prosesnya. Jika kita sering jumpai dalam proses cetak DTG kaos diletakan langsung diatas printer dan di cetak langsung ke bahan kaos, namun DTF dicetak dahulu di bahan Pet Film lalu di tempelkan pada bahan kaos. Perbedaan printer DTG dan DTF ini menceritakan bagaimana pada prosesnya memperlihatkan kedua metode ini dikerjakan dengan sangat simpel. Keduanya memiliki kelebihan dalam hal cetak print kaos satuan.

Kepanjangan dari DTF itu sendiri adalah Digital Transfer Film yaitu metode cetak kaos satuan yang di print pada Pet Film terlebih dahulu lalu nantinya Pet Film di press di bahan kaos sehingga gambar yang di cetak di bahan Pet film tadi di transfer ke bahan kain atau kaos. Cetak DTF sendiri sangat banyak diminati karena hasil sablon di kaos sangat detail seperti sablon manual jika gambarnya berbentuk logo atau vektor.

Sablon percetakan printing memiliki teknik sablon yang beraneka ragam. Saat ini metode yang cukup banyak digandrungi adalah sablon DTF.  Cara kerjanya cukup sederhana dengan mencetak desain/gambar pada kaos melalui computer yang dikerjakan sangat mudah bagi siapa saja. Hasil Sablon Kaos DTG dan DTF memang bisa dilihat hampir sama, jika di compare Sablon DTG dan Sablon DTF, manakah yang lebih efektif dari cara sablonnya, tentu saja keduanya sangat efektif karena dikerjakan dengan cara yang sangat mudah.

Dibawah ini adalah Video proses Print DTG dan proses Print DTF.

Print DTG
print dtf

Kedua proses tersebut bisa melakukan cetak custom kaos DTG atau DTF. Adapun untuk print kaos DTG pengguna mesin atau user membutuhkan Mesin Printer DTG atau Printer DTG Modifikasi yang bisa cetak di bahan kaos saja. Untuk  print DTF sendiri menggunakan Printer Desktop atau bisa juga menggunakan printer DTF Large Format atau mesin DTF besar atau biasa orang menyebutnya mesin PSD Print Spray Dry. Untuk mesin printer kecil yang dijual dipasaran ada beberapa tipe dan biasanya menggunakan basic printer Epson L1800 yang dimodif dan dijadikan Printer DTF. Printer DTF bisa cetak di bahan kaos katun, polyester, bahan payung, sepatu bahan jeans dll.

DTG, Direct To Garment juga merupakan salah satu jenis sablon digital printing. Sablon DTG mencetak langsung pada garmen atau kain atau bahan kaos. Mesin cetak sablon kaos satuan ini juga tidak kalah menariknya dengan metode print kaos DTF, namun sekarang yang lebih banyak diminati adalah metode sablon kaos DTF. DTF (Digital Transfer Film), proses dari DTF yaitu Tinta di print, dikeringkan dengan menggunakan alat oven, barulah pada proses selanjutnya dilakukan pengepresan kaos pada mesin press kaos atau Hot Press. Sablon Kaos Printer DTG versus Sablon Printer DTF sebenarnya sama-sama memiliki kelebihan dari proses cetaknya. Dari perbedaan kedua nama saja Anda sudah membayangkan bagaimana sebenarnya sistem kedua model printer ini berjalan. Apakah sablon DTG sama dengan sablon DTF ? tentu saja berbeda jenisnya terutama pada hasil akhirnya.

Bagaimana cara penggunaan Printer DTF ?

Ini hampir sama dengan printer DTG karena sama-sama menggunakan tinta pigment yang tinta putihnya mengandung pasta jadi printer DTF juga bisa mudah rusak terutama pada bagian utama dari Printer yaitu PrintHead nya dengan catatan jika pemakaian nya kurang diperhatikan secara itensif. Ketika printer tidak digunakan dengan waktu yang lama pun akan bermasalah, setidaknya setiap harinya Anda harus mencetak minimal 1 kaos agar Print Head tetap teraliri cairan tinta dan terjaga dengan baik. Di berbagai forum banyak Tanya-Jawab Seputar Mesin Sablon DTF, dan ini sering sekali dibahas agar para pengguna Printer DTF tidak banyak mengalami masalah. Sebagai informasi Printer DTF versi Desktop mampu mencetak Pet Film Roll To Roll DTF sepanjang 3 meter, sedangkan yang versi Large Format mampu mencetak panjang sekitar 10 meter lebih.

Tinta DTF menggunakan Apa ?

Tinta DTF hampir sama dengan tinta DTG pada umumnya namun tinta DTF khusus untuk mencetak di material Pet Film, dan pada prosesnya diberikan taburan powder pada kondisi setelah Pet Film di baru saja selesai dicetak, jadi keadaan Pet film dalam keadaan masih basah tintanya lalu diberikan powder. Tinta DTF sendiri menggunakan tinta CMYK dan tinta White. Pada umumnya printer yang digunakan adalah tipe Epson tipe 1390 atau L1800 namun yang paling awet penggunaannya adalah yang tipe L1800, silahkan dicoba ya teman-teman. Karena menurut pengalaman saya printer 1390 masih membaca Chip Cartridge jadi sering terjadi error.

Tinta DTG menggunakan apa ?

Tinta DTG seperti biasa menggunakan tinta DTG atau tinta pigment, namun sekarang ada tinta DTG yang tipe Universal yang artinya bisa cetak langsung di kaos dengan proses print DTG maupun cetak di Pet Film dengan proses print DTF di atas Tray atau papan kaos DTG. Untuk teman-teman yang mau beli saya kasih rekomendasi nya aja ya, temen-temen bisa beli di kami dengan merk Vator Ink Universal yang bisa cetak DTG maupun cetak DTF.

Proses cetak DTF bagaimana ?

Pet Film khusus DTF dimasukan kedalam printer Desktop tipe L1800 kemudian dicetak menggunakan Acrorip dengan metode one phase atau print sekali jalan yaitu tinta warna dan tinta putih berbarengan cetaknya. Setelah print selesai langsung diberikan powder sebagai lem bubuk yang nantinya Pet Film yang sudah dicetak dan ditaburi powder dimasukan kedalam oven. Setelah meleleh dengan sempurna lalu Pet Film dikeluarkan dari oven dan setelah itu diletakan diatas kaos lalu dipress di atas hotpress.

Proses Cetak DTG bagaimana ?

Seperti namanya Direct To Garment atau DTG yang artinya cetak langsung di kaos, jadi kaos diletakan di papan kaos atau Tray lalu di print di printer DTG. Printer DTG jika menggunakan tinta Universal bisa juga dipakai untuk print DTF (Print di Pet Film).

Untuk artikel perbedaan printer DTG dan DTF ini mungkin teman-teman sudah bisa membayangkan apa bedanya printer DTG dan printer DTF, jadi sebelum Anda menggunakan salah satu dari kedua printer ini ada baiknya mempelajari terlebih dahulu agar saat penggunaannya nanti tidak bingung. Karena jika Anda memulai usaha tentunya harus tahu kekurangan dan kelebihan dari proses metode cetak di masing-masing mesin.

Comments

comments

Updated:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *