Mengatasi lampu printer DTG blink

Artikel yang saya tulis ini lebih fokus ke cara memperbaiki printer. Artikle ini memberikan solusi dan bagaimana cara mengatasi lampu printer DTG blink yang tepat. Mengapa mesin printer DTG pada umumnya hampir semua mengalami masalah ini ? ini karena tidak sempurnanya mesin yang kita operasikan atau bisa jadi sebenarnya hanya masalah kecil yang kita tidak tahu cara mengatasinya. Sebenarnya printer DTG yang dibuat di Indonesia kebanyakan hasil modifikasi dari printer kertas menjadi printer kaos DTG. Jika para perakit melakukan kesalahan modifikasi pada kontruksi mesin printer DTG itu juga bisa jadi penyebab printer DTG blink. Ada beberapa mesin printer DTG yang hanya kotor sedikit saja mengalami blink, itu sebabnya kenapa saya pernah membuat artikel Cara Merawat Pinter DTG supaya mesin juga terjaga awet dan usaha yang kita jalani dengan mesin ini tidak mengalami blink error dikemudian hari.

tombol indikator printer dtg

Cara memperbaiki printer atau Mengatasi lampu printer dtg blink sebenarnya tidak sulit, hanya saja yang harus dilakukan pertama kali yaitu analisa terhadap blink tersebut pada mesin printer DTG. Karena untuk kasus lampu printer DTG blink sebenarnya bermacam-macam sebabnya. Kadang pengguna printer kaos yang baru pertama kali mengalami lampu printer DTG berkedip saja sudah cemas, karena bingung harus apa yang mau dilakukan dan cara memperbaiki printer itu bagaimana. Ada berbagai macam arti kedip atau blink di lampu printer DTG, ada yang lampu berkedip bersamaan, ada yang hanya menyala namun tidak berkedip, maka dari itu harus kita ketahui dulu penyebab utama dan arti dari lampu berkedip pada printer DTG tersebut. Hal ini sangatlah penting supaya kita sebagai user ataupun teknisi tidak salah dalam memperbaiki part printer DTG ataupun mengganti part printer dengan yang baru. Berikut ini kita akan membahas satu persatu cara memperbaiki printer tentang masalah blink atau mengatasi lampu printer kedip.


bukti resi pembelian dvd printer dtg


Beberapa macam kode error blink lampu printer DTG

  • Blink lampu tinta berkedip kedip.

Blink lampu tinta berkedip kedip biasanya disebabkan tinta pada printer yang habis atau mendekati habis, jadi secara otomatis mesin printer DTG akan mendeteksi bahwa tinta printer habis. Penyebab ini biasanya hanya masalah tinta habis, lalu bagaimana jika tinta masih penuh tetapi lampunya berkedip ? nah cara memperbaiki printer yang indikator tinta masih penuh tapi blink yaitu kita harus menganalisa lagi ada apa dengan masalah blink lampu tinta tersebut. Untuk Blink lampu tinta berkedip kedip bukan dari penyebab tinta habis biasanya chip yang kotor pada cartridge. Hanya dengan cara mengangkat cartridge dari rumah head (carriage unit) lalu bersihkan chip dengan cairan cleaner yang menempel pada cartridge dan memasangnya kembali, maka dipastikan akan kembali normal dan tidak terjadi blink lampu tinta. Masalah blink lampu tinta bisa juga disebabkan oleh part Chip PCB (Master Chip) atau yang biasa disebut sebagai konektor chip. Jika chip tersebut tersiram tinta juga akan mengalami error dan lampu tinta akan berkedip / blink, solusinya ganti dengan yang baru.

  • Blink lampu kertas berkedip kedip.

Blink lampu kertas printer berkedip kedip biasanya disebabkan oleh karena posisi tray kaos yang belum pas pada sensor kertas, maka dari itu cara memperbaiki printer untuk kasus ini adalah pastikan posisi tray kaos harus pas dengan sensor sebelum menjalankan perintah print kaos pada DTG Printer, karena ada beberapa kasus yang tidak pas atau tray belum berada pada titik “NOL”. Atau Tray kaos tidak mentok sampai belakang jadi sensor pembaca kertas tidak pas dengan penutup sensor.

  • Blink lampu kertas dan lampu tinta berkedip bergantian.

Jika lampu kertas dan lampu tinta berkedip bergantian ini disebabkan bahwa Printer tersebut hitungannya sudah penuh. Untuk cara memperbaiki printer atau mengatasi lampu printer DTG blink bergantian sangat mudah. Artinya Waste ink pad counter ini menunjukan bahwa perhitungannya sudah penuh dan melebihi kapasitas daya tampung limbah tinta sehingga mengakibatkan kepenuhan dan luber pada busa penampungan limbah tinta. Maka dari itu harus di Nol-kan dengan cara Reset pakai software Resetter Program. Cara ini juga yang biasa disebut dengan cara reset printer DTG, Sangat berbahaya jika masalah ini tidak cepat ditangani karena limbah yang luber akan merembet ke part yang lain. Jadi sobat sudah paham kan kenapa mesin printer DTG diberikan tabung disebelah mesin yang berguna untuk membuang limbah tinta dari hasil head cleaning. Untuk reset waste ink pad counter atau cara memperbaiki printer ini hanya perlu membuka program resetter, berikut adalah langkah-langkahnya.

  1. Buka software Resetter 1390 kemudian set tanggal di PC jadi “4 oktober 2007 dan jangan lupa matikan koneksi internet.

cara ink charge printer dtg

2. Pilih Accept.

cara ink charge printer dtg

3. Pilih Particular adjustment mode.

cara ink charge printer dtg t13

4. Pilih Waste Ink Pad Counter, lalu klik OK.

waste ink pad counter

setting waste ink pad counter

Setelah selesai lalu matikan printer kemudian nyalakan kembali printer DTG Anda. Dipastikan printer DTG Anda akan kembali normal tanpa ada lampu blink dan siap untuk digunakan kembali. Perlu juga diperhatikan saat menjalankan perintah resetter ini kadang ada beberapa user mengalami error.

resetter program error

Jika resetter program error maka lakukan langkah dibawah ini :

  1. Buka Folder pada PC “C:\Adjustments_Programs\Stylus XXX”, lalu hapus folder tersebut.
  2. Masuk ke RUN ketik REGEDIT dan cari lokasi berikut ini : HKEY_LOCAL_MACHINE | SOFTWARE | EPSON | PTSG | Stylus CXX.
  3. Hapus registry key “Stylus CXX atau Stylus RXX”
  4. Kemudian lakukan RESTART PC dan setelah itu coba jalankan kembali program resetter seperti langkah diatas.
  • Blink lampu kertas dan lampu tinta berkedip bersamaan.

Untuk blink lampu berkedip bersamaan bisa disebabkan tray kaos yang sedang beroperasi tidak berjalan dengan sempurna atau bisa jadi sensor pembaca kertas (Sensor PE) tidak pas karena ada beberapa kontruksi sensor PE pada printer DTG tidak terpasang dengan benar ataupun mudah bergeser. Hal ini kemungkinan karena adanya benturan pada printer DTG ataupun saat menarik tray kaos terbentur dengan sensor PE-nya. Jika terjadi seperti ini maka dapat dipastikan bahwa sensor PE dan penutup sensornya berubah sehingga terjadi blink lampu tinta dan kertas kedip bersamaan. Solusi untuk cara memperbaiki printer pada kasus ini adalah mengembalikan Sensor ke posisi semula, jika anda membeli video tutorial akan diberikan materi cara mengatasi ini dan mendapatkan konsultasi gratis setelah membeli DVD Tutorial cara membuat printer DTG.

  • Blink lampu kertas dan lampu tinta menyala tidak berkedip.

Untuk blink lampu kertas dan lampu tinta menyala namun tidak berkedip biasanya ada part yang error seperti head printer yang part elektroniknya atau kabel flexible head-nya tersiram cairan cleaner atau tersiram cairan tinta. Maka dapat dipastikan head ini juga tidak bisa dipakai dan harus diganti baru.

Jika kita sudah melakukan pembersihan pada chip cartridge, lalu resetter program dengan cara mereset waste ink pad counter, atau dengan mengganti chip konektor tapi tidak juga membuahkan hasil yang maksimal dan printer masih saja tetap blink, maka harus dilakukan analis terhadap motherboard printer DTG. Karena bisa saja terjadi kerusakan pada komponen motherboard akibat terjadinya konslet dari kabel flexibel. Untuk mengatasi lampu printer DTG blink cara memperbaiki printer sebenarnya banyak, namun penjelasan di atas adalah masalah umum yang sering terjadi. Dengan menganalisa blink pada printer berarti user akan terus terbiasa cara memperbaiki printer DTG sendiri dengan lancar seperti layaknya teknisi printer. Untuk mengatasi tiap masalah printer DTG tidaklah susah hanya perlu kesabaran dan ketekunan saja dan harus berani menganalisa sendiri dan perlu adanya konsultasi juga ke teknisi printer yang lebih handal.

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *