Mengatasi hasil print kaos bergaris

Apakah Anda pernah mengalami kendala saat menjalankan print kaos seperti hasil print bergaris ? hampir semua user mengalami masalah ini. Penyebab hasil print putus-putus dapat datang secara tiba-tiba dan penyebabnya tidak kita ketahui. Dan pada artikel ini menjelaskan tentang beberapa cara mengatasi masalah pada printer khususnya masalah print kaos yang hasilnya bergaris atau hasil print kaos putus-putus. Pada dasarnya printer kaos yang digunakan adalah hasil printer modifikasi dari printer kertas, sudah saya jelaskan pada artikel sebelumnya. Sudah pasti masalah yang dihadapi para pengguna printer kaos atau printer DTG adalah sama dengan printer kertas lainnya. Jika kita memiliki printer kertas mungkin pernah mengalami hasil print bergaris. Mengatasi hasil print kaos bergaris harus memerlukan analisa yang tepat agar penanganannya bisa selesai dengan baik.

hasil print bergaris pada print kaos

Jika Anda pernah menjalankan usaha print kaos dan mengalami hasil print kaos bergaris sudah tentu pekerjaan Anda akan terbengkalai. Dan bila hasil print DTG bergaris pasti ada penyebabnya, dan penyebab hasil print kaos bergaris bisa dikarenakan fungsi head printer yang tidak bekerja secara sempurna. Biasanya hasil print warna pada kaos bergaris susah untuk ditemui masalahnya, namun tidak perlu kuatir karena pada artikel ini akan memberikan solusi bagaimana cara mengatasi hasil print kaos bergaris. Jangan terlalu pesimis jika Anda mengalami masalah print bergaris pada mesin printer DTG Anda, Anda harus cari tahu apa penyebab dari hasil print bergaris. Pertama kali jika Anda menemukan kasus hasil print kaos bergaris adalah dengan mengidentifikasi masalah tersebut, yang utama adalah mengecek head printer DTG.

Cara mengatasi masalah hasil print kaos bergaris

Cara mengatasi hasil print kaos bergaris pada printer DTG bisa ikuti langkah di bawah ini :

  1. Pertama jalankan Head cleaning.
  2. Setelah head cleaning selesai kemudian Nozzle Check.

Setelah menjalankan 2 perintah tadi segera lihat hasil print tersebut apakah hasil print menunjukan hasil Nozzle yang kurang baik, dalam hal ini jika kurang baik maka hasilnya putus-putus dan tidak solid, jika ya berarti masalah pada Head Printer Anda. Ulangi 2 perintah tadi dan kemudian cek kembali, biasanya hasil akan kembali normal yaitu garis akan solid dan tidak putus-putus. Namun jika hasilnya tetap sama maka harus kita cari penyebab lainnya. Di bawah ini beberapa penyebab lain mengapa hasil Nozzle Check putus-putus yang mengakibatkan hasil print kaos menjadi bergaris.

Beberapa penyebab hasil print kaos bergaris pada mesin printer DTG

Encoder Strip kotor.

Encoder strip berfungsi sebagai petunjuk jalan bagi head printer DTG. Jika part ini kotor maka otomatis gerak carriage unit tidak beraturan dan hasil print kaos bisa bergaris bahkan hasilnya bisa juga berbayang dan tidak presisi. Jika masalah ini tidak cepat diatasi maka akan mengalami general error pada mesin printer DTG Anda. Bersihkan segera Encoder Strip dengan cairan cleaner, cukup menggunakan cairan cleaner yang standar saja, jangan menggunakan cairan head yang terlalu keras yang mengakibatkan Encoder Strip akan lecet dan rusak.

Tinta berkualitas buruk.

Tinta bukan saja berpengaruh pada hasil cetak di kaos, namun juga mempengaruhi umur head printer DTG. Jika tinta jelek maka otomatis head akan mampet dan hasil print kaos akan bergaris. Tinta yang dianjurkan adalah tinta yang berkualitas baik yang ramah terhadap head printer. Silahkan baca artikel Jenis tinta untuk Printer DTG.

Selang tinta kotor.

Selang tinta kotor juga akan mempengaruhi hasil print pada kaos, cek selang tinta tersebut jika terdapat udara atau tidak lancar alirannya, segera atasi dengan benar. Bisa Anda baca juga artikel Tips menghilangkan udara pada selang infus printer DTG.

Masalah print kaos bergaris pada printer DTG lainnya adalah kurangnya tinta yang masuk kedalam catridge sehingga hasil print kaos menjadi bergaris dan solusi untuk mengatasi cartridge yang kurang asupan tinta DTG adalah dengan cara menyedot terlebih dahulu dengan alat suntikan. Perhatikan saat Anda menyedot cartridge tersebut jika tarikannya agak berat maka cartridge tersebut rusak, ini harus dilihat apakah cartridge berat memang berasal dari kerusakan cartridge yang mampet atau dari selang infus. Namun jika Anda menyedot cartridge dengan alat suntikan dan hasilnya tetap sama maka lakukan cara lain yaitu dengan cara mengganti cartridge baru.

Mengatasi hasil print kaos bergaris memang membutuhkan kesabaran, tidak semua masalah pada mesin printer DTG langsung ketemu masalahnya, harus di telusuri secara satu persatu agar masalah dapat teratasi dengan baik dan akurat. Bagi Anda yang sudah membeli Tutorial cara membuat printer DTG tidak perlu kuatir karena setiap masalah yang Anda hadapi saat membuat printer DTG atau merakit printer DTG akan mendapatkan panduan hingga masalah terselesaikan.

Setelah Anda mengganti cartridge dengan yang baru, segera lakukan head cleaning dan lakukan perintah Nozzle Check kembali. Apakah hasilnya membaik bahkan hasilnya mendekati Normal maka lakukan head cleaning sekali lagi hingga hasilnya normal. Dan jika hasilnya tidak maksimal atau masih bergaris maka lakukan dengan cara lain.

Cara lain untuk mengatasi hasil print kaos bergaris yaitu dengan cara flush head. Langkah ini adalah langkah yang cukup berat karena harus memerlukan keahlian dan ketelitian serta kesabaran dalam melakukan proses ini. Sudah tentu jika Anda membeli Tutorial Printer DTG akan diajarkan cara flush yang baik agar head terjaga dengan aman tanpa ada kerusakan.

Cara flush head printer DTG agar hasil print bergaris dapat teratasi

  1. Cabut cartridge terlebih dahulu.
  2. Geser Carriage unit ke posisi tengah.
  3. Siapkan suntikan yang sudah dipasang selang.
  4. Siapkan cairan cleaner untuk proses flush head.
  5. Tancapkan suntikan di menara head printer DTG.
  6. Tarik suntikan yang sudah menancap di menara head tanpa cairan cleaner.
  7. Setelah itu ulangi kembali dengan mengisi cairan cleaner.
  8. Lalu tancapkan kembali suntikan dengan cairan cleaner dan dorong secara perlahan.
  9. Lakukan 8 proses diatas di masing-masing warna (menara head printer DTG).

Jika langkah diatas sudah dilakukan maka lakukan head cleaning dan cek kembali dengan cara Nozzle Check dan lihat hasilnya. Biasanya jika sudah lakukan hal yang terkahir dengan cara flush head, bisa dipastikan untuk masalah hasil print bergaris akan teratasi dengan menghasilkan hasil print yang Normal kembali. Namun jika semua langkah diatas sudah Anda lakukan tetapi hasilnya masih belum normal maka dapat dipastikan bahwa head printer DTG Anda rusak dan segera ganti dengan head printer yang baru.

Mungkin Anda sempat bingung kenapa hasil print kaos bergaris-garis ? untuk mengantisipasi agar tidak terjadi hasil print kaos bergaris harus dilakukan perawatan yang rutin, untuk membersihkan head secara rutin Anda bisa membaca artikel Cara membersihkan head printer DTG. Saya cukupkan artikel tentang mengatasi hasil print kaos bergaris, semoga masalah pada printer DTG Anda dapat segera teratasi. Jalankan tutorial ini secara urut agar hasilnya maksimal, setidaknya Anda bisa mengatasi sendiri tanpa bantuan teknisi. Silahkan mencoba..!!

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *