Ink charge Printer DTG

Printer DTG atau yang biasa disebut sebagai Direct To Garment atau print langsung di bahan kaos adalah hasil modifikasi dari modifikasi Printer kertas yang dijadikan Printer DTG (Direct To Garment) dengan memodifikasi Tray serta sensor kertas yang awal mulanya menarik kertas dirubah menjadi menarik Tray Kaos. Pada artikel sebelumnya sudah saya bahas mengenai Printer DTG dan cara merawat mesin Printer DTG, namun disini saya akan sedikit menjelaskan beberapa trik ink charge Printer DTG atau cara mengatasi printer pada saat indikator tinta turun. Perlu diketahui saat kita melakukan pekerjaan proses print pasti ada kendala di salah satunya adalah tinta yang tidak lancar, sebenarnya banyak kemungkinan kemungkinan yang harus kita analisa dari masalah tinta turun tersebut.

Cara mengatasi level tinta turun pada printer DTG

Ink charge Printer DTG adalah proses untuk mereset indikator tinta pada preview di aplikasi printer, jika gambar indikator tinta menandakan tidak penuh atau turun dan ada gambar silang berarti harus segera di reset atau di ink charge karena jika tidak segera dilakukan ink charge akan menghambat proses pekerjaan print bahkan tidak bisa digunakan untuk print dan bisa error terus menerus. Pembahasan kali ini kita sama sama belajar cara mengatasi tinta tidak penuh atau ada gambar silang, supaya mesin juga terjaga awet dan usaha yang kita jalani tidak memiliki kendala di kemudian hari maka dilakukan proses ini.

Sebenarnya cara reset atau charge tinta Printer DTG ini sama dengan printer kertas epson pada umumnya, hanya tinggal membuka aplikasi resetter dan tinggal jalankan saja menu Ink charge Printer DTG lalu tinggal cek kembali indikator tintanya. Kebanyakan user mungkin juga sempat dibuat merasa kesulitan dalam menghadapi masalah ini, tetapi biasanya para user lupa isi tinta hingga batas minimal baru ketahuan setelah lampu resume berkedip merah. Mungkin masalah ini juga sering dianggap remeh oleh user yang lain karena kebanyakan cara mengatasinya hanya dengan menekan tombol yang ada di atas cartridge namun cara itu juga kebanyakan status ink levelnya masih tetap ada tanda silangnya. Maka dari itu haruslah dilakukan cara ink charge dan perlu diketahui ink charge juga dapat berfungsi sebagai Head Cleaning.

Reset ink level Printer DTG

Jika Anda membeli tutorial video Printer DTG cara membuat Printer DTG melalui website ini, pasti juga akan menemukan masalah indikator tinta turun sama dengan halnya dengan printer kertas biasa. Namun tidak perlu kuatir karena cara mengatasinya tidaklah susah, di beberapa artikel lain juga saya tulis tentang cara merawat printer DTG agar printer terawat dan tetap awet. Apalagi jika Anda membuka usaha jasa modifikasi Printer DTG tentunya sudah harus tahu cara mengatasinya. Disaat proses print atau proses cetak lebih banyak kadang tampilan atau preview ink level cepat turun dan kadang tanpa disadari sering berhenti tiba-tiba, untuk mengatasinya kita bisa mengunakan resetter untuk mengembalikan tampilan tinta menjadi penuh. Reset ink level DTG Printer juga digunakan saat motherboard diservice ataupun ganti baru atau saat terjadi general error atau lampu indikator merah menyala. Jika Anda membuat atau merakit Printer DTG akan dihadapkan dengan masalah ini, dan cara mengatasinya cukup mudah dan tidak ribet. Berikut langkah proses ink charge printer khusus untuk Printer DTG A4.

Ink charge Printer DTG A4 T13

  • Buka program Resetter A4 Epson T13 dan pilih Accept.

cara ink charge printer dtg t13

  • Pilih Particular Adjustment Mode.

cara ink charge printer dtg t13

  • Pilih Model Name Epson Stylus T13 > ESP > OK.

cara ink charge printer dtg t13

  • Pilih Ink Charge.

cara ink charge printer dtg t13

  • Pilih Ink Charge lalu klik Finish.

cara ink charge printer dtg t13

Tunggu proses ink charge berlangsung setelah selesai lihat status ink level anda menjadi terisi penuh dan printer pun berjalan normal kembali.

Ink charge Printer DTG A3 1390

  • Buka program resetter A3 1390, Sebelum menjalankan program, set tanggal di pc menjadi “4 oktober 2007” dan jangan lupa matikan koneksi internet.

cara ink charge printer dtg

  • Pilih Accept.

cara ink charge printer dtg

  • Pilih Particular adjustment mode.

cara ink charge printer dtg

  • Pilih Ink Charge lalu klik OK.

cara ink charge printer dtg

  • Klik  Ink charge.

cara ink charge printer dtg

  • Tunggu sampai proses ink charge selesai dan klik finish lalu tutup program dan ganti tanggal dengan tanggal saat ini. Setelah selesai lihat status ink level anda menjadi terisi penuh dan printer pun berjalan normal kembali.

Tips:

Untuk pengguna WIndows 7, agar tidak terjadi error maka set Compatibility ke Windows XP (Service Pack 2) dengan cara: klik kanan file AdjProg.exe pilih Properties pilih tab Compatibility klik Run program in compatibility mode for: pilih Windows XP (Service Pack 2) lalu klik OK.

Dengan artikel Ink charge printer DTG ini user akan menjadi tahu penyebab indikator tinta turun dan tidak bisa berjalan ngeprint. Semua trik yang dijalankan ini juga berlaku pada Printer DTG, semua teknisi atau vendor yang membuat atau memproduksi Printer DTG juga melakukan cara yang sama untuk mengembalikan indikator tinta menjadi penuh. Demikian artikel yang saya jelaskan, semoga cara ini bisa dijadikan referensi untuk mengatasi masalah pada printer yang tintanya tidak terbaca atau indikator tintanya turun. Selamat beraktivitas..!!

 

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *