Cara treatment kaos

Untuk menjalankan usaha print kaos tentunya banyak membutuhkan beberapa bahan baku seperti contohnya tinta DTG dan cairan treatment. Banyak kebutuhan yang diperlukan bagi seorang pelaku sablon print kaos untuk menjalankan usahanya supaya hasil yang didapat maksimal. Pada bahasan artikel cara treatment kaos ini memberikan tips atau trik bagaimana caranya memberikan cairan treatment ke kaos agar hasilnya maksimal. Bagi pelaku usaha print kaos yang menjalankan usahanya menggunakan printer DTG biasanya harus menggunakan cairan Treatment agar kaos yang akan di print mendapatkan warna yang maksimal. Treatmen ini adalah sebuah tahapan proses untuk menjalankan print sablon kaos, sudah tentu para user harus mengetahui cara print kaos tersebut.

Cairan treatmen ada 2 tipe yaitu digunakan untuk kaos terang dan kaos gelap, sudah pasti sifat cairan treatment ini berbeda untuk kaos gelap Dark Treatment dan untuk kaos putih atau kaos terang menggunakan Light Treatment. Cairan pretreatment kaos terang yang digunakan untuk kaos terang hanya sebatas untuk menaikan warna, sedangkan cairan treatment untuk kaos gelap digunakan untuk dasar warna tinta putih sebagai dasar untuk print tinta warna ataupun tanpa warna. Hal tersebut supaya tinta putih dapat terikat pada serat kaos gelap atau kaos hitam. Jika tidak menggunakan cairan treatment ini maka tinta putih tersebut tidak dapat melekat pada kaos gelap tersebut. Inilah dasar yang perlu diketahui tentang cara treatment kaos yang benar agar hasilnya juga terlihat bagus dan awet pada kaos yang akan di print.

cara treatment kaos

Cara treatment kaos DTG

Pada dasarnya treatment ini adalah lapisan atau coating, prinsipnya bahan kaos yang berserat atau berlubang dijadikan rata atau tertutup serat-seratnya setelah disemprot cairan treatment kaos agar sifat kaos tersebut menjadi rata seperti kaos tanpa ada pori-pori. Sehingga saat cairan treatment tersebut disemprotkan pada bahan kaos dan di press pada mesin press, hasilnya rata dan serat kaos tertutup sehingga saat tinta putih dicetak akan menempel bukan menyerap ke kaos. Cara treatment kaos inilah yang menjadikan kaos bisa di print di mesin printer DTG. Bisa dibayangkan jika tinta putih yang di cetak pada kaos hitam tersebut menyerap tanpa cairan treatment, maka hasil tinta putih tidak pekat bahkan menjadi abu-abu. Cairan inilah yang dinamakan Treatment Dark, khusus untuk Pre-Treatment kaos gelap.

Cara treatment kaos sebenarnya tidaklah susah, namun jika tidak dilakukan dengan benar maka akan berakibat merusak hasil print kaos. Sekarang kita bahas tentang treatment untuk kaos bahan terang. Untuk cairan treatment yang digunakan kaos putih sebenarnya prinsipnya sama, supaya tinta warna yang dicetak di bahan kaos menjadi menempel bukan menyerap dan hasil warnanya menjadi naik atau semakin kontras. Mengapa warnanya menjadi naik karena tinta DTG tidak menyerap pada bahan kaos tetapi menempel pada coating di bahan kaos yang disebut cairan treatment ini. Nah untuk memberikan cairan treatment ini ke bahan kaos ada beberapa cara atau trik supaya hasilnya baik, tidak asal semprot saja ke bahan kaos tetapi juga perlu diperhatikan cara-cara tersebut supaya hasilnya benar-benar baik.

Banyak yang jual cairan treatment untuk kaos yang murahan dan tidak memiliki ketahanan cetak di bahan kaos. Untuk pemula biasanya sering coba-coba cairan treatment dan banyak juga yang ditawarkan murah lalu asal beli. Saran saya beli saja cairan treatment yang ber- merek, jangan membeli cairan treatment yang dibuat secara oplosan dan tidak memiliki rekomendasi. Kenapa tidak disarankan untuk membeli cairan pre-treatment kaos yang tidak ber-merek karena akan merusak hasil cetak pada kaos bahkan akan mengakibatkan robek-robek pada kaos saat di press pada mesin press anntinya. Hal inilah mengapa kita perlu tahu akan cara treatment kaos dan mengetahui sifat dari cairan treatmen tersebut agar tidak mengeluarkan biaya terlalu banyak yang nantinya akan sia-sia dan sangat merugikan usaha print kaos DTG yang sedang kita jalani.

Nah jika sekarang Anda sudah paham dengan fungsi cairan treatment, sekarang saya akan ajak Anda untuk bagaimana cara melakukan treatment pada kaos. Berikut langkah tips cara treatment kaos yang benar :

  1. Pastinya Anda sudah memiliki mesin Hot Press untuk press kaos agar bulu-bulu kaos tidur dan cairan treatment yang akan di semprot di bahan kaos juga ratanya maksimal.
  2. Siapkan juga alat untuk semprot yang bagus agar hasil semprotannya juga merata pada bahan kaos, bisa menggunakan semprotan yang dipakai untuk menyemprot nyamuk isi ulang atau yang direkomendasikan adalah mesin kompresor, pakai yang ukuran kecil saja.
  3. Isi cairan treatment pada botol spray atau spray gun jika Anda menggunakan mesin kompresor.
  4. Kocok terlebih dahulu cairan treatment yang sudah di isi pada botol atau spray gun agar tidak ada endapan treatment yang mengakibatkan semprotannya berbintik-bintik pada bahan kaos.
  5. Semprot secara vertikal kemudian secara horizontal secara merata dan jangan terlalu tebal namun juga jangan terlalu tipis. Perbanyak cairan pretreatment yang akan disemprot ke bahan kaos sekitar 15ml s/d 20ml untuk proses pretreatment gambar kaos ukuran A3. Bagi pemula memang perlu banyak latihan atau sering-sering trial agar terbiasa. Ingat ya… Bisa Karena Biasa.
  6. Ratakan dengan kuas cat, kuas yang digunakan untuk meratakan cairan treatment yang sudah disemprotkan ke bahan kaos adalah kuas yang berbahan polyester.
  7. Press kaos dengan lama pengepresan sekitar 60 detik. Lalu ulangi kembali agar hasilnya benar-benar rata maksimal.

Berikut adalah video cara treatment kaos yang saya ambil melalui Youtube, silahkan disimak dan dipraktekan dan semoga hasilnya memuaskan.

Video cara treatment kaos agar hasilnya maksimal

Berikut adalah informasi tentang cara treatment kaos dan tips bagaimana melakukan pre-treatment pada kaos agar hasilnya merata. Ada beberapa tips juga tentang tips cara Merakit mesin printer DTG yang bisa menjadi wawasan untuk Anda yang ingin membuka usaha print kaos. Hal yang perlu diperhatikan adalah head printer Anda yang sangat riskan, jauhkan cairan ini mengenai permukaan head yang mengakibatkan head Anda buntu, baca artikel saya cara membersihkan head printer DTG jika terjadi buntu pada head printer DTG. Salam Sukses Selalu…

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *