Cara penggunaan Printer DTG

Printer DTG atau direct to garment adalah mesin pencetak langsung di bahan kaos. Mesin ini adalah mesin cetak kaos teknologi terbaru yang menggabungkan teknologi piezo printhead dan tinta khusus Printer DTG. Cara kerja mesin ini adalah mencetak sablon gambar apa saja baik itu teks desain yang berbentuk vektor maupun print sparasi foto dengan hasil resolusi yang sangat tinggi. Dengan penggunaan printer DTG direct to garment ini maka pencetak sablon bisa menerima order kaos satuan dengan desain sesuka hati untuk para pelanggan tanpa ada batasan warna, lain halnya jika metode sablon manual yang terbatas dan metode sublime yang menggunakan transfer paper yang cukup mahal.

Dalam hal ini sangat menguntungkan bagi Anda yang berkeinginan untuk membuka usaha print kaos dengan modal yang tidak terlalu mahal dan dipastikan bisnis usaha print kaos yang Anda jalani akan cepat balik modal. Terlebih jika Anda berkeinginan untuk membuat Printer DTG sendiri dengan bermodalkan video tutorial, dipastikan Anda dapat merakitnya sendiri dengan bantuan konsultasi gratis. Pada artikel kali ini saya akan memberikan bagaimana cara penggunaan mesin printer DTG, printer DTG ini sebenarnya tidak perlu orang yang ahli, orang awam sekalipun pasti bisa menggunakan printer dtg ini, hanya saja perlu sedikit panduan untuk pengoperasiannya.

Arti dari Direct To Garment sendiri sebenarnya penggunaan mesin cetak dikhususkan untuk bahan tekstil seperti bahan kain katun, bahan handuk, bahan satin dll, namun dari kebanyakan user juga bisa mengaplikasikannya untuk cetak di bahan Akrilik atau bahan kayu. Sejauh Head Printer tetap aman dan tidak tergores saya rasa tidak mengapa untuk mengaplikasikannya ke bahan lain, karena perlu diperhatikan bahwa Head Printer DTG ini harganya cukup mahal. Mengapa cara penggunaan printer DTG ini sangat penting dan perlu kita ketahui, karena pada dasarnya mesin ini adalah buatan manusia hasil modifikasi dari printer kertas dirubah menjadi printer kaos. Kebanyakan di Indonesia sendiri masih menggunakan printer DTG modifikasi yang di desain sedemikian rupa jenisnya agar terlihat seperti mesin yang elegan, namun hasil print tetap sama bagus karena biasanya masih menggunakan Printer Epson Stylus Photo. Printer biasa dijadikan printer kaos yang dimodifikasi sensor kertasnya yang tadinya motor printer bertugas menarik kertas dirubah menjadi menarik Tray Kaos, menjadi berat ya tugasnya. Dibawah ini ada beberapa cara menjalankan printer dtg.

Beberapa cara penggunaan Printer DTG

Yang harus dipersiapkan saat pengoperasian mesin printer DTG yaitu :

1.Printer DTG sudah siap.

body printer dtg a3

2. Driver Printer DTG sudah di instal di komputer / laptop.

driver printer

3. Merubah setting ukuran cetak pada driver printer.
setting driver printer

Setelah semuanya sudah siap selanjutnya buka tutup tabung tinta yang kecilnya saja, lalu lakukan penyetelan AcroRip pada setiap menunya. Berikut langkah merubah settingan menu-menu acroRip :

1.Setting ukuran Tray Kaos.

setting ukuran tray kaos

2. Merubah settingan printer pada program AcroRip.

setting acrorip

3. Setting Layout.

setting layout acrorip

4. Setting Tinta (Color Management).

ink setting acrorip

Setelah setting program acoRip selesai, siapkan kaos yang akan di print lalu lakukan dengan memberikan cairan treatment jika diperlukan, setelah itu kaos di press dengan menggunakan mesin press agar bulu kaos tidur atau rata. Berikut langkah pemasangan kaos :

1.Pasang kaos pada tatakan kaos lalu letakan pada tray kaos.

pasang kaos di tray

2. Dorong tray kaos sampai kebelakang hingga mentok.

dorong tatakan kaos hingga mentok

3. Kunci roller shaft menggunakan tuas atau tombol tuas.

kunci tuas

4. Tekan F10 (Print) lalu isi angka 1 di menu Color Setting.

print kaos warna

Setiap habis proses Print selesai, panaskan kaos dengan menggunakan Hot Press, baik itu kaos gelap maupun terang.  Hal ini akan lebih menguatkan tinta pada serat pada kaos supaya gambar di kaos tetap awet dan tidak rontok. Setelah pengoperasian printer DTG selesai segera lakukan Head Cleaning 1 kali kemudian tutup semua tabung tinta dan matikan printer DTG. Nah cukup mudah kan, dengan artikel cara penggunaan printer DTG ini semoga bisa dijadikan referensi bagi pemula yang baru memulai usaha print kaos DTG. Selamat mencoba..!!

Save

Save

Save

Save

Comments

comments

One thought on “Cara penggunaan Printer DTG

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *